Laman

Blog Permainan bola basket dari teknik taktik, cara berlatih, lay up dribble shooting zone defense, man to man defense

Kamis, 10 Maret 2011

[Dasar] Footwork

Free Image Hosting at www.ImageShack.us


Bola basket dimainkan dengan ujung jari digabungkan dengan footwork. Segala sesuatu yang anda lakukan dalam permainan bola basket membutuhkan footwork yang baik. Ada pemain yang memiliki kecepatan dan agility yang lebih baik daripada yang lain, kecepatan dan agility pemain akan sangat meningkat jika didukung oleh footwork yang baik. Pemain dengan kecepatan dan agility alami yang baik bias saja dikalahkan dengan mudah oleh pemain yang memiliki footwork  yang sempurna.

Setiap pemain basket selalu mencari posisi yang bagus dilapangan, yang ketika dalam posisi menyerang dinamakan offensive stance, maksud dari offensive stance adalah posisi dimana kita dapat memulai, berhenti, mengubah arah dan kecepatan, menangkap passing, drive, shooting atau lay up. Posisi tubuh yang baik dalam menyerang adalah menaruh beban tubuh pada salah satu kaki (biasanya salah satu kaki didepan badan), dan melebarkan kaki selebar bahu kita (jadi lo ga boleh diri biasa macam orang upacara yaa…), dan lutut ditekuk. Apa gunanya??? Dalam posisi ini akan memungkinkan anda membuat gerakan yang bervariasi.
Jika anda memiliki tinggi badan  yang cukup untuk bermain di posisi 3 (forward), anda bias menggunakan posisi ini didalam daerah perimeter (under basket), dan memiliki 3 pilihan ketika memegang bola yaitu : passing, shooting atau dribble.

Pivot (orang sunda sering bilang pipot, fifot, fipot, asal jangan pispot.. hehehe)
Menurut peraturan, ketika berada dilapangan kita dapat menggerakkan 1 kaki ke segala arah, namun kaki yang lain yaitu kaki tumpuan harus tetap tidak berubah posisi. (jika berubah maka akan terkena traveling violation or walking). Nah inilah yang dinamakan Pivot.. understand??
Pivot terbagi 2, yaitu : forward pivot dan backward pivot… yang kurang lebih pengertiannya sesuai dengan namanya. Forward pivot adalah pivot dengan salah satu kaki menjejak or mengarah ke depan, dan backward pivot sebaliknya.

Ada pertanyaan penting nih tentang pivot, “ kaki mana yang gw pakek buat tumpuan kalo pivot???
Dan jawabannya adalah… tetongg.. *eh salah*.,.
Jawabannya adalah : kaki lu yang ga dominant.. misal lu pemain tangan kanan, ya kaki kiri pasti jadi pivot, dan sebaliknya untuk tangan kiri. Hal ini karena secara natural pemain bertangan kanan akan menggunakan kaki kiri sebagai tumpuan, pada saat shooting, layup, maupun pivot.. iye kann?
Tapi untuk menjadi pemain basket yang handal, basketballers harus bisa kaki kiri dan kanan, dan juga dribble kiri dan kanan tentunya.. ^^V

Berlatih Pivot
1.      mulai dengan kaki kiri sebagai tumpuan, dan lakukan forward pivot 15x (berarti anda berputar melawan arah jarum jam)
2.      lanjutkan dengan backward pivot (anda searah jarum jam mumuteran samp epusing)
3.      ganti kaki kanan sebagai tumpuan, dan lakukan lagi forward pivot 15x  (searah jarum jam)
4.      ganti dengan backward pivot 15x

Poin / hal penting dalam pivot
  1. usahakan mata dan pandangan anda lurus ke depan, jangan melihat bola (dasar dari semua dribble)
  2. tekuk lutut anda sedikit.. (kalo kebanyakan nanti hernia alias turun bero.. hahaha)
  3. kaki tumpuan jangan berubah dari titik tumpu
  4. kaki yang lain jangan sampai kepeleset, nanti jatoh.. (serius ini..)
untuk mengkombinasikan latihan pivot akan dibahas dalam practice tutorial di sini
Facebook Twitter Google+

.About Us

 
Back To Top